Tips menjaga kesehatan paru-paru secara alami – Hai, salam jumpa di blog ini. Terima kasih sudah mampir kesini. Disini admin menyajikan informasi tentang tips-tips menjaga kesehatan paru-paru. Ingin tahu seperti apa tipsnya? Silahkan simak artikel ini, selamat membaca 🙂

Baca juga : Tips terhindara dari penyakit kanker

Tips menjaga kesehatan paru-paru

Bernafas merupakan aktifitas yang wajib dilakukan oleh mahluk hidup, termasuk mausia. Manusia bernapas menggunakan sistem pernapasan yang sudah tersusun secar sistematis. Mulai dari hidung/mulut, masuk ke dalam tenggorokan atau trakea, selanjutnya masuk ke dalam percabangan paru-paru atau bronkus dan masuk ke dalam paru-paru. Sebaliknya udara kotor dibuang keluar dari paru-paru dan dikeluarkan oleh hidung atau mulut.

Paru-paru merupakan organ utama dalam sistem pernapasan. Fungsinya sebagai tempat pertukaran udara yaitu mengeluarkan udarai kotor (karbon dioksida) yang dihasilkan tubuh melalui proses metabolisme, dan mengalirkan oksiden yang dihirup oleh hidung/mulut kemudian mengalirkannya ke seluruh tubuh bersama aliran darah.

Pernapasan sangat pengting bagi kesehatan. Karena pernapasn berkaitan erat dengan kehidupan. Apabila seseorang tidak bisa bernapas, kemungkinan besar orang tersebut akan mati.

Karena pernapasan itu sangat penting, maka kita harus bisa menjaga organ pernapasan kita, terutama paru-paru. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan paru-paru, supaya proses pernapasan kita lancar dan tubuh kita menjadi sehat.

1. Berhenti merokok

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan, terutama paru-paru. Zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam asap rokok dapat merusak kesehatan diri anda dan orang lain di sekitar anda. Beberapa zat tersebut antara lain: nikotin,, tar, sianida, benzene, cadmium, asetilena, formaldehida, hidrogen sianida, aresnik, dan karbon monoksida.

Memang dalam waktu singkat efek merokok tidak terasa, bahkan bagi sebagian orang merokok merupakan suatu kenikmatan yang tiada duanya. Tetapi zat-zat berbahaya yang terkandung di dalamnya apabila masuk terus menerus ke dalam tubuh dan dalam jangka waktu yang lama, sangat membahayakan kesehatan anda. Bahkan menurut hasil penelitian menyebutkan 90% penyeban kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok.

Oleh sebab itu apabila anda masih menyayangi kehidupan anda, keluarga dan orang-orang tercinta di sekitar anda. Berhentilah meroko sekarang juga. Karena merokok merupakan kenikmatan yang membunuh.

2. Jaga kebersihan udara.

Udara merupakan zat yang diperlukan dalam proses pernapasan. Kandugan zat dalam udara bermacam-macam. Ada oksigen, karbon dioksida, dan lain-lain. Zat yang dibutuhkan hanyalah oksigen. Okseigen sangat penting bagi tubuh.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak tahu apa saya kandungan zat dalam udara yang dihirup oleh kita. Oleh sebab itu untuk menghindari udara kotor, kita harus menjaga kebersihan udara di sekitar kita.

Pepohonan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Keberadaannya sangat dibutuhkan. Perbanyak menanam pepohonan di sekitar anda supaya udara bersih.

Apabila dalam ruangan, usahakan pentilasi udara cukup. Fungsinya untuk mengalirkan udara segar dari luar dan membuang udara kotor. Hidari penggunaan pewangi ruangan yang berlebihan karena mengandung zat kimia yang membahayakan. Bersihkan setiap benda seperti karpet, gorden, selimut.

Apabila anda berada pada tempat yang udaranya berdebu atau kurang baik, usahakan untuk menggunakan masker atau penutup lain yang bisa melingungi mulut dan hidung anda. Masker berfungsi menyaring udara yang dihirup oleh kita sehingga kandungan debu dalam udara bisa tersaring dan udara yang dihirup lebih sehat.

3. Rutin berolahraga

Olahraga sangat penting bagi tubuh, salah satunyna bagi paru-paru. Pada saat berolahraga, kita biasanya melakukan pernapasan 2 lebih cepat dari biasanya. Pada keadaan normal, manusia bernapas 15 sampai 20 kali per menit. Tetapi pada saat berolah raga bisa meningkat sampai 2 atau 3 kali lipat. Hal tersebut sangat bagus bagi kesehatan. Semakin banyak frekuensi bernapas, semaik banyak oksigen yang dialikan ke dalam tubuh dan bisa membuang kotoran-kotoran penyebab penyakit yang mengendap di paru-paru. Selain itu, otot paru-paru akan terlatih sehingga bisa membuat pernapasan lebih ringan dan lebih sehat.

 4. Konsumsi makan sehat dan bergizi.

Makanan yang banyak mengandung anti oksedan sangat baik bagi paru-paru. Anti oksidan bisa didapat dari sayuran dan buah-buahan. Selain anti oksidan, sayuran pun banyak mengandung vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Demikain tips menjaga kesehatan paru-paru yang bisa admin sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa menabah wawasan Anda.

Berita terkait :

– Obat herbal untuk masalah paru-paru

– Pengobatan kaker paru-paru dengan obat herbal

Obat herbal untuk bronkitis